Tautan-tautan Akses

Badai Tropis Meksiko Dapat Mengancam Wilayah AS Pada Akhir Pekan


Mobil yang tersapu saat banjir yang dipicu oleh Badai Tropis Cristobal, terlihat tumpang tindih di Panchimalco, El Salvador, 3 Juni 2020.

Badai tropis Cristobal yang melemah kini secara perlahan bergerak melintasi Meksiko setelah mencurahkan hujan lebat di negara bagian Campeche, hari Rabu (3/6). Badai ini diperkirakan akan bergerak menuju kawasan AS di pesisir Teluk Meksiko.

Pusat Badai Nasional AS mengantisipasi badai itu akan mengancam kawasan pesisir AS pada hari Minggu setelah menguat kembali di perairan Teluk Meksiko yang lebih hangat pada hari Jumat.

Sebelum mengancam AS, para pakar cuaca memperkirakan Cristobal akan terus menimbulkan hujan lebat dan banjir di pesisir kawasan teluk di Meksiko.

Koordinator pertahanan sipil nasional Meksiko, David Leon Romero, Rabu (3/6) mengatakan, lima negara bagian prioritas mengalami curah hujan tertinggi dan dampak terbesar. Romero mengatakan mereka telah mengambil langkah-langkah agar para awak dapat menghitung korban. Sejauh ini mereka belum mengidentifikasi ada korban tewas atau cedera. Namun, lanjutnya, mereka masih memantau situasi.

Cristobal terbentuk hari Selasa dari sisa-sisa Badai Tropis Amanda, yang terbentuk di Samudra Pasifik serta menimbulkan banjir besar dan tanah longsor di Amerika Tengah. Sedikitnya 22 kematian dilaporkan di El Salvador dan Guatemala akibat badai tersebut. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG