Tautan-tautan Akses

AS

Badai Tropis Barry Melemah, Namun Guyurkan Hujan Lebat di Louisiana


Kota Mandeville di negara bagian Louisiana, AS, dilanda banjir pasca dilanda badai tropis Barry yang mengguyurkan hujan lebat sepanjang akhir pekan ini (13/7).

Pusat Badai Nasional pada hari Minggu (14/7) mengatakan Badai Tropis Barry secara bertahap melemah ketika bergerak melintasi Louisiana barat dengan kecepatan angin maksimum 65 kilometer per jam.

Badan itu mengatakan ancaman terbesar Barry adalah "banjir berbahaya yang mengancam jiwa," namun badai itu diperkirakan akan melemah menjadi badai tropis ringan Minggu malam. Meski demikian badan itu mengatakan tornado mungkin terjadi di jalur badai itu, jauh di utara Teluk Meksiko.

Barry diperkirakan akan melanda Louisiana selatan tengah dengan curah hujan 15 hingga 30 sentimeter sementara beberapa daerah mengalami curah hujan setinggi 38 sentimeter.

Lembah Mississippi selatan diperkirakan mengalami hujan dengan ketinggian 10 hingga 20 sentimeter sementara daerah pedalaman hingga setinggi 30 sentimeter.

Badai itu menerpa daratan pada hari Sabtu di Louisiana dekat Kota Intracoastal, demikian menurut Pusat Badai Nasional yang memperingatkan bahwa Barry kemungkinan akan membawa gelombang badai berbahaya disertai angin kencang dan hujan lebat di beberapa bagian Pantai Teluk dan Lembah Mississippi selatan.

"Ini baru permulaan," kata Gubernur Louisiana, John Bel Edwards, Sabtu. "Akan berlangsung selama beberapa hari untuk negara bagian kita."

Badai ini merupakan yang pertama dari musim badai Atlantik. Direktur Pusat Badai Nasional Ken Graham mengatakan Barry telah "mengumpulkan jumlah besar air" dan diperkirakan akan mengguyur wilayah tersebut dengan hujan sepanjang akhir pekan.

Penduduk di New Orleans membentengi rumah mereka dan menimbun persediaan sebelum Barry menerjang. Namun pada Sabtu malam, kota itu selamat dari badai terburuk, hanya dilanda hujan ringan dan angin kencang. (my/al)

XS
SM
MD
LG