Tautan-tautan Akses

Badai Lewat, Kapal-Kapal Kembali ke Teluk Meksiko


Badai tropis Bonnie telah lewat, sehingga kapal-kapal bisa kembali melanjutkan usaha pembersihan dan penutupan sumur minyak.

Ombak di Teluk Meksiko telah mereda setelah badai tropis Bonnie lewat, sehingga kapal-kapal bisa kembali melanjutkan usaha pembersihan dan penutupan sumur minyak yang bocor di dasar laut.

Kapal-kapal bantuan dan kapal pengebor sedang dalam perjalanan kembali ke pusat bencana dimana sumur minyak yang dikelola oleh perusahaan British Petroleum (BP) bocor sejak bulan April lalu.

BP hari Sabtu menghentikan evakuasi di Teluk Meksiko ketika kekuatan badai tropis yang mendekat itu mulai berkurang.

Kata pejabat Amerika yang mengepalai usaha penanggulangan kebocoran itu, Laksamana Thad Allen, ada dua cara yang sedang diusahakan, yaitu untuk mematikan sumur itu dari atas, yang disebut “top kill”, dan penyelesaian lainnya adalah memampatkan sumur itu jauh di bawah dasar laut dengan memompakan lumpur kental dan semen lewat lubang sumur yang sedang digali.

Cara yang pertama, kata Laksamana Allen kemungkinan bisa dimulai minggu ini, tapi kalau itu gagal, cara yang kedua baru bisa dilakukan pada pertengahan Agustus.

Sementara itu, laporan pers dari London mengatakan kepala eksekutif BP, Tony Hayward akan segera mengundurkan diri. Hayward mendapat tekanan kuat untuk mundur karena caranya menangani kebocoran sumur minyak itu, yang merupakan bencana lingkungan paling buruk di Amerika.

XS
SM
MD
LG