Tautan-tautan Akses

Badai Lee akan Guyurkan Hujan di Bermuda


Pohon-pohon tumbang akibat badai Lee yang melanda kawasan Killingly, Connecticut, 13 September 2023. (Austin Rebello via AP)
Pohon-pohon tumbang akibat badai Lee yang melanda kawasan Killingly, Connecticut, 13 September 2023. (Austin Rebello via AP)

Bermuda pada Kamis (14/9) bersiap menghadapi hujan dari bagian luar Badai Lee saat badai melintas di sebelah barat pulau itu.

Pihak berwenang menutup sekolah-sekolah dan menghentikan layanan feri serta mengeluarkan peringatan akan kemungkinan terjadinya gelombang tinggi.

Pusat Badai Nasional AS mengatakan badai tersebut dapat membawa curah hujan antara dua hingga lima sentimeter ke Bermuda pada Jumat pagi.

Peramal cuaca memperkirakan badai akan mendekati wilayah New England di Amerika Serikat dan provinsi-provinsi maritim di Kanada bagian timur dalam beberapa hari mendatang.

Pusat Badai Kanada mengatakan badai tersebut akan melemah secara bertahap, namun ukurannya akan membesar, dan akan mencapai daratan pada Sabtu malam atau Minggu pagi.

Pengawasan dan peringatan dilakukan di wilayah pesisir New England yang membentang dari Rhode Island hingga Maine di Amerika Serikat, serta di Nova Scotia dan New Brunswick di Kanada.

Selain curah hujan yang bisa mencapai 10 sentimeter, Pusat Badai Nasional AS memperingatkan akan kemungkinan terjadinya kenaikan gelombang akibat badai dan kondisi yang mengancam jiwa. [lt/ab]

Forum

‚Äč
XS
SM
MD
LG