Tautan-tautan Akses

Badai Dorian Menguat Jadi Kategori 4, Dekati Bahama dan Florida


Tiga bentuk Badai Dorian, seperti yang terlihat oleh satelit Nasa, 27-29 Agustus 2019. (Foto: NASA/JPL-Caltech)
Tiga bentuk Badai Dorian, seperti yang terlihat oleh satelit Nasa, 27-29 Agustus 2019. (Foto: NASA/JPL-Caltech)

Pusat Badai Nasional AS, Jumat (30/8) mengatakan badai Dorian telah menguat menjadi badai Kategori 4 dan menyebutnya "sangat berbahaya."

Badai itu bergerak menuju Bahama dan negara bagian Florida di AS.

Pemerintah Bahama telah mengeluarkan peringatan badai untuk Bahama barat laut, sementara Presiden AS Donald Trump telah menyatakan keadaan darurat bagi negara bagian Florida.

Pusat Badai Nasional mengatakan karena Dorian bergerak lambat, badai itu bisa menyebabkan angin dan badai yang berkepanjangan, menimbulkan banjir bandang yang mengancam jiwa.

Dorian bergerak dengan kecepatan angin maksimum 215 kilometer per jam.

Para peramal cuaca memperkirakan Dorian bisa menghantam Florida tenggara pada hari Senin, meskipun prediksi terbaru juga memperkirakan badai bisa berbalik ke utara dan menerjang pantai timur Amerika. Para ahli cuaca mengatakan jejak Dorian masih sangat tidak pasti.

Badai kategori 4 oleh para ahli digambarkan bisa menimbulkan kerusakan besar, menghancurkan rumah dan bangunan, merobohkan jalan, pohon dan saluran listrik.

Pernyataan darurat untuk Florida melapangkan jalan bagi pengerahan pasukan Garda Nasional dan penyediaan lebih banyak bahan bakar. [my]

XS
SM
MD
LG