Tautan-tautan Akses

Badai Alex Hambat Pembersihan Tumpahan Minyak


Ombak tinggi akibat badai berkecepatan 130 km/jam menghambat usaha pembersihan di Teluk Meksiko untuk hari kedua.

Badai Alex di Teluk Meksiko sedang menuju perbatasan Amerika – Meksiko, jauh dari sumur minyak BP yang bocor itu, tetapi ombak tinggi yang diakibatkan oleh badai itu telah menghambat usaha pembersihan untuk hari kedua.

Peramal dari Pusat Badai Nasional mengatakan Alex berkecepatan 130 kilometer per jam dan kemungkinan akan meningkat kekuatannya sebelum mencapai daratan, yang diperkirakan akan terjadi di Meksiko timur laut Rabu Sore atau dini hari Kamis.

Seorang jurubicara tim penanggap tumpahan minyak mengatakan kondisi perairan teluk terlampau ganas untuk melakukan usaha menampung minyak dan pembakaran minyak secara terkendali. Tetapi Panglima Pengawal Pantai, Laksamana Thad Allen mengatakan ia memperkirakan kondisinya akan membaik sehingga usaha menampung minyak itu bisa dilakukan kembali Kamis.

Ia mengatakan sekitar 60 ribu barel minyak menyembur dari sumur itu setiap hari. Allen mengatakan kepada reporter Rabu bahwa usaha pengumpulan minyak masih terus berlangsung, tetapi kondisi di perairan yang ganas menunda pemasangan penampung ke tiga yang tadinya diharapkan sudah terpasang pada Rabu.

XS
SM
MD
LG