Tautan-tautan Akses

Australia Tingkatkan Anggaran Pertahanan $190 Miliar


PM Australia Scott Morrison dalam peluncuran Pembaruan Strategis Pertahanan 2020 di Canberra, Australia, Rabu, 1 Juli 2020.

Perdana menteri Australia, Rabu (1/7) mengumumkan peningkatan anggaran pertahanan menjadi 190 miliar dolar untuk dekade berikutnya, yang akan mencakup rudal jarak jauh dan kemampuan untuk mengusir musuh dari pantai-pantainya.

Perdana Menteri Scott Morrison memperingatkan dunia pasca-pandemi akan menjadi lebih miskin, lebih berbahaya dan mengumumkan fokus baru pada wilayah yang lebih dekat dengan Australia. Meski demikian militer Australia terbuka untuk bergabung dengan koalisi pimpinan AS seperti di Afghanistan dan Irak dalam serangan-serangan sesuai kepentingan nasional Australia.

Australia belum pernah mengalami ketidakpastian ekonomi dan strategis seperti ini di kawasan Indo Pasifik sejak Perang Dunia II, karena berbagai alasan, termasuk ketegangan antara Amerika dan China, katanya.

Morrison mengatakan, meskipun Australia menghadapi pandemi Covid di dalam negeri, Australia juga perlu mempersiapkan dunia pasca-Covid yang lebih miskin, yang lebih berbahaya dan kacau.

Ketegangan mengenai klaim teritorial meningkat antara India dan China dan juga di Laut Cina Selatan, kata Morrison.
Morrison menambahkan, hubungan antara China dan Amerika sangat terpecah karena kedua negara bersaing untuk supremasi politik, ekonomi dan teknologi. [my/ii]

XS
SM
MD
LG