Tautan-tautan Akses

Australia Alami Hari Terpanas dalam Sejarah


Warga Australia menyejukkan diri mereka di depan kipas angin di Melbourne, Australia, saat berlangsungnya kejuaraan tenis Australia terbuka, 25 Januari 2019 yang lalu. (Foto: dok). Australia mengalami hari terpanas dalam sejarah, Rabu (18/12).

Australia mengalami hari dengan rekor terpanas dan suhu udara diperkirakan akan melonjak lebih tinggi lagi karena kondisi gelombang panas melanda sebagian besar wilayah negara itu.

Seekor anjing mendinginkan badannya di bawah pancuran di pantai St Kilda saat gelombang panas menyapu Victoria, Australia, 18 Desember 2019.
Seekor anjing mendinginkan badannya di bawah pancuran di pantai St Kilda saat gelombang panas menyapu Victoria, Australia, 18 Desember 2019.

Biro Meteorologi Australia mengatakan suhu rata-rata di seluruh negara itu 40,9 derajat Celcius Selasa (17/12), lebih tinggi dari rekor 40,3 Celcius pada tanggal 7 Januari 2013.

Biro cuaca itu mengatakan suhu di Australia bagian selatan dan tengah pada hari Kamis ini bisa mencapai antara 8 dan 16 derajat lebih tinggi dari biasanya.

Pada hari Rabu (18/23) suhu melonjak hingga 47,7 Celcius di Birdsville, Queensland.

Suhu tertinggi yang pernah tercatat secara resmi di wilayah manapun di Australia adalah 50,7 Celcius pada Januari 1960, tepatnya di Oodnadatta, sebuah permukiman gurun di pedalaman Australia Selatan. [lt/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG