Tautan-tautan Akses

Austin: Komitmen AS ke Timur Tengah 'Kuat dan Pasti'


Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berpidato dalam acara Dialog Manama, di Manama, Ibu Kota Bahrain, Sabtu, 20 November 2021. (Foto: Mazen MAHDI / AFP)
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berpidato dalam acara Dialog Manama, di Manama, Ibu Kota Bahrain, Sabtu, 20 November 2021. (Foto: Mazen MAHDI / AFP)

Pentagon mengatakan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin bertemu Putra Mahkota Bahrain Salman bin Hamad bin Isa Al Khalifa di Manama, Bahrain, pada Sabtu (20/11), di tengah ketegangan di kawasan Teluk Persia.

“Dia menggarisbawahi kekuatan dan pentingnya hubungan AS-Bahrain dan berterima kasih kepada Putra Mahkota itu atas kerja sama Bahrain dalam bidang-bidang penting, termasuk keamanan maritim dan mengutamakan kerja sama keamanan regional," kata Pentagon dalam pernyataan.

Austin juga menyampaikan terima kasih "atas kepemimpinan Bahrain dalam menjamu Dialog Manama dan menyediakan peluang penting bagi para pejabat internasional dan regional untuk merundingkan berbagai prioritas dan tantangan bersama di Timur Tengah," kata pernyataan itu.

"Saya tekankan: Komitmen Amerika terhadap keamanan di Timur Tengah kuat dan pasti," kata Austin pada Sabtu (20/11) dalam dialog itu.

Para pejabat di kawasan itu prihatin dengan komitmen AS terhadap kawasan itu, terutama sejak AS berupaya menyepakati perjanjian nuklir dengan Iran, setelah penarikan mundur AS dari Afghanistan.

Austin mengatakan wakil-wakil AS akan menghadiri perundingan tidak langsung untuk menghidupkan lagi perjanjian itu mulai 29 November di Wina. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG