Tautan-tautan Akses

'Augmented Reality' untuk Buku Mewarnai Anak


Augmented Reality untuk buku mewarnai anak. (Video grab)

Augmented reality atau realitas tertambah perlahan-lahan mulai memasuki kehidupan sehari-hari, dan para periset Swiss mengatakan teknologi itu bisa dimanfaatkan untuk mempelajari perilaku anak-anak. Sebuah aplikasi baru untuk komputer tablet membantu mereka mempelajari apakah bermain game komputer bisa menghasilkan sesuatu yang disebut kreativitas tertambah.

Para periset pada Game Technology Center di Zurich, Swiss, menciptakan aplikasi untuk komputer tablet yang bisa membantu anak-anak menghidupkan karakter buku mewarnai mereka.

Fabio Zund dari Game Technology Center menjelaskan, “Pengguna bisa mewarnai tokoh pilihan dengan cara biasa. Kemudian, melalui aplikasi kami, tokoh itu terlihat hidup, dan warnanya dikirim ke model 3D secara real time.

Para pengembang mengatakan dengan menghidupkan tokoh yang digambar anak-anak di atas kertas, bisa memicu imajinasi anak-anak untuk menciptakan tokoh dan situasi yang lebih kompleks.

Bob Sumner, profesor pada universitas ETH, Zurich mengatakan, “Kami menggunakan realitas tertambah untuk meningkatkan aktivitas kreatif. Itu sesuai dengan misi riset kami, yaitu mengeksplorasi teknologi game sebagai cara untuk memahami perilaku manusia.”

Kemungkinan menggunakan aplikasi untuk memanipulasi gambar papaun, seperti potret artistik, juga bisa membantu para periset mempelajari bagaimana anak-anak melihat dunia di sekitar mereka. [vm]

XS
SM
MD
LG