Tautan-tautan Akses

Astronaut AS, Rusia dan Uni Emirat Arab Tiba di Stasiun Ruang Angkasa



Empat astronaut, termasuk Sultan al-Neyadi (tengah kanan) memasuki Stasiun Ruang Angkasa Internasional, Jumat, 3 Maret 2023. (Foto: NASA TV via AP)
Empat astronaut, termasuk Sultan al-Neyadi (tengah kanan) memasuki Stasiun Ruang Angkasa Internasional, Jumat, 3 Maret 2023. (Foto: NASA TV via AP)

Satu grup kru astronaut tiba di Stasiun Ruang Angkasa Internasional setelah berhasil mengatasi masalah pada salah satu pengait yang digunakan oleh wahana antariksa itu untuk menambat ke stasiun.

Menurut laporan kantor berita Associated Press, Kapsul SpaceX yang membawa empat astronaut harus menunggu pada jarak 20 meter dari laboratorium yang sedang mengorbit, sementara petugas pengontrol penerbangan berusaha mencari solusi perangkat lunak.

Masalah yang sama juga muncul tak lama setelah peluncuran pada Kamis (2/3). Meski semua 12 pengait pada kapsul tampak baik-baik saja, tetapi salah satu kaitannya tidak berfungsi.

Pengawas Misi SpaceX meminta agar para astronaut AS, Rusia, dan dari Persatuan Arab Emirat untuk mempertahankan pola yang sama selama dua jam.

Begitu perintah perangkat lunak baru dikirimkan, para astronaut menerima perintah untuk melanjutkan penambatan. Pada akhirnya, penambatan mengalami keterlambatan selama satu jam saat kapsul SpaceX dan stasiun ruang angkasa melayang 420 kilometer di atas pantai Somalia.

“Setelah mengambil jalan memutar, selamat datang di Stasiun Ruang Angkasa Internasional,” kata Misi Pengawas SpaceX melalui sambungan radio.

Kru yang baru sampai juga termasuk astronaut pertama dari negara Arab, Sultan al-Neyadi. Al-Neyadi adalah astronaut asal Uni Emirat Arab kedua yang mencapai ruang angkasa. Dia akan menjalani misi di ruang angkasa untuk periode yang diperpanjang.

“Saya senang sekali, bertemu teman lama di ruang angkasa, dan berkumpul seperti keluarga besar. Ini lah inti dari eksplorasi ruang angkasa,” kata al-Neyadi saat memasuki stasiun.

“UEA mengambil langkah besar untuk mendorong batasan-batasan eksplorasi ruang angkasa,” imbuhnya.

Anggota kru lainnya adalah Stephen Bowen dari Badan Penerbangan dan Antariksa AS (National Aeronautics and Space Administration/NASA). Bowen, pensiunan kru kapal selam Angkatan Laut AS, sudah terbang ke ruang angkasa tiga kali.

Selain Bowen, ada juga Warren “Woody” Hoburg, mantan peneliti Massachusetts Institute of Technology yang juga astronaut baru, dan Andrei Fedyaev, pensiunan Angkatan Udara Rusia. Seperti Woody, Fedyaev juga astronaut baru.

SpaceX meluncurkan empat astronaut untuk NASA pada Kamis (2/3) dari Kennedy Space Center di Florida. Penerbangan mereka sempat tertunda beberapa hari karena masalah teknis. [ft/ah]

Forum

XS
SM
MD
LG