Tautan-tautan Akses

Asia Tenggara Perlu Tingkatkan Kerjasama Perangi Kejahatan Dunia Maya


Pasien menunggu di ruang tunggu rumah sakit Dharmais di Jakarta setelah jaringan komputer Dharmasi terkena serangan "WannaCry" bulan lalu (foto: ilustrasi).

Negara-negara Asia menghadapi tantangan semakin besar akibat kejahatan di dunia maya serta peretasan ditengah-tengah membesarnya kerugian ekonomi akibat serangan-serangan ini.

Bisnis dan pemerintah di kawasan itu mengatakan, reformasi kebijakan dibutuhkan di tengah-tengah lansekap teknologi yang berubah cepat dan kerentanan semakin besar terhadap kejahatan di Internet.

Singapura telah memimpin untuk memprioritaskan keamanan dunia maya di ASEAN serta juga mempromosikan sumber-sumber daya teknis yang dimiliki negara kota ini.

Pada Oktober 2016, Singapura jadi tuan rumah dari Konferensi tingkat menteri ASEAN seputar keamanan dunia maya, dan mengumumkan inisiatif-inisiatif baru guna meningkatkan kapasitas ASEAN menghadapi ancaman dunia maya.

Perusahaan teknologi Amerika Honeywell, didukung oleh Dewan Pembangunan Ekonomi Singapura merencanakan sebuah pusat keamanan dunia maya untuk Asia Pasifik.

Sebuah laporan 2016 yang disusun oleh Kantor Narkoba dan Kejahatan PBB memperingatkan kejahatan dunia maya semakin besar di kawasan Asia Pasifik, dan berubah dari sebuah kejahatan baru menjadi sebuah bisnis kejahatan. [jm]

XS
SM
MD
LG