Tautan-tautan Akses

ASEAN Kecam Keras Korea Utara atas Percobaan Misil ICBM dan Nuklir


Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho, kiri, bersiap untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi, kanan, di sela-sela pertemuan menteri-menteri ASEAN ke-50, Minggu, 6 Agustus 2017.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho hari Minggu di sela-sela pertemuan menteri ASEAN di Manila. Wang mengatakan ia mendesak Ri agar mematuhi resolusi PBB dan menghentikan provokasi terhadap "niat baik masyarakat internasional" dengan percobaan nuklir dan peluncuran misil.

Wang juga mengatakan ia menasehati menteri luar negeri Korea Utara itu agar menerima pendekatan “dua penghentian” untuk meredakan ketegangan di Semenanjung Korea, yakni, pendekatan yang menghendaki penghentian percobaan nuklir Korea Utara dan penghentian latihan militer bersama oleh Amerika dan Jepang.

Peringatan kepada Korea Utara oleh para menteri luar negeri dari 10 negara ASEAN diperkirakan akan menyenangkan pemerintah Amerika, yang diharapkan oleh para menteri ASEAN akan memainkan peran yang lebih kuat di kawasan mereka. Mereka juga berharap melindungi hubungan mereka sendiri dengan Pyongyang.

Hari Sabtu, para menteri ASEAN mengutarakan keprihatinan mendalam atas peningkatan ketegangan di Semenanjung Korea, termasuk percobaan misil balistik antar benua Korea Utara bulan Juli dan dua percobaan nuklir baru-baru ini. ASEAN meminta Korea Utara agar memenuhi semua kewajibannya kepada Dewan Keamanan PBB dan menghentikan percobaan nuklir dan misil. [gp]

XS
SM
MD
LG