Tautan-tautan Akses

ASEAN Desak Birma Adakan Pemilu yang Adil


Masalah pemilu Birma mendominasi pembukaan forum regional tahunan tingkat menteri ASEAN di Hanoi yang akan berakhir hari Jumat.

Para delegasi konferensi Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara/ ASEAN di Vietnam telah mendesak menteri luar negeri Birma untuk melaksanakan pemilu bebas, adil dan bisa dipertanggung jawabkan tahun ini.

Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan mengatakan kepada wartawan hari Selasa bahwa Menteri Luar Negeri Birma Nyan Win mendapat banyak masukan selama jamuan makan malam di Hanoi Senin malam.

Masalah tersebut mendominasi pembukaan sidang pertemuan tahunan tingkat menteri ASEAN, yang akan berakhir hari Jumat dalam pertemuan 27 negara di Forum regional ASEAN. Forum itu mengundang negara-negara lain termasuk Amerika.

Sidang tersebut diperkirakan akan membahas penenggelaman kapal Korea Selatan Cheonan bulan Maret lalu. Salinan rancangan pernyataan tingkat menteri yang bocor menyebut keprihatinan mengenai tenggelamnya kapal itu namun tidak menyalahkan negara manapun.

Korea Selatan menginginkan kecaman yang lebih keras terhadap Korea Utara yang dituduhnya menembakkan terpedo ke kapal Cheonan. Kedua Korea menjadi anggota ASEAN.

XS
SM
MD
LG