Tautan-tautan Akses

AS Waspadai China Kirim Utusan Perdamaian ke Ukraina


Utusan khusus China untuk urusan Eurasia, Li Hui (kanan), saat masih menjabat sebagai Dubes untuk Rusia, bersama PM Rusia Dmitry Medvedev di Moskow (foto: dok).
Utusan khusus China untuk urusan Eurasia, Li Hui (kanan), saat masih menjabat sebagai Dubes untuk Rusia, bersama PM Rusia Dmitry Medvedev di Moskow (foto: dok).

Hanya dalam beberapa bulan, pejabat-pejabat AS beralih dari secara terbuka memperingatkan China agar tidak memberi dukungan material untuk perang Rusia di Ukraina, hingga menyatakan bahwa China bisa berperan dalam menengahi pembicaraan damai.

Pada 24 Februari, hari ketika China mengungkap 12 proposal perdamaiannya, Menlu AS Antony Blinken menyuarakan skeptisisme dalam sambutannya pada pertemuan tingkat menteri Dewan Keamanan PBB tentang Ukraina.

“Tidak ada anggota dewan ini yang boleh menyerukan perdamaian sementara mendukung perang Rusia di Ukraina dan Piagam PBB,” kata Blinken, setahun setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Pada tanggal 3 Mei, Menlu AS itu secara terbuka mengakui bahwa kemungkinan China bisa berperan “sangat menguntungkan” dalam pembicaraan damai.

Analis dan mantan pejabat Amerika mengatakan kepada VOA, perubahan nada suara AS itu sebagian merupakan tanggapan atas sekutu Washington di Eropa yang memandang Presiden China, Xi Jinping sebagai satu-satunya pemimpin yang bisa memengaruhi pemikiran Presiden Rusia Vladimir Putin tentang perang di Ukraina.

China sejak itu mengumumkan akan mengirim utusan perdamaian ke Ukraina, meskipun sebagian tetap skeptis bahwa Beijing bisa bertindak netral. Utusan khusus China untuk urusan Eurasia, Li Hui, diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Ukraina dan negara-negara lain dalam mengupayakan gencatan senjata dan resolusi diplomatik untuk perang itu.

Li, yang fasih berbicara bahasa Rusia, adalah mantan utusan China untuk Rusia dari 2009 hingga 2019. Ia termasuk di antara sedikit orang yang dianugerahi Medali Persahabatan oleh Putin. [ps/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG