Tautan-tautan Akses

AS Tuntut Dua Operator DarkWeb dari Israel


Pejabat penegak hukum AS mengumumkan penangkapan dua orang Israel yang menjadi operator situs web yang mengarahkan pengguna ke pasar-pasar online gelap, seperti AlphaBay Market, seperti dalam gambar, yang disita Biro Penyelidikan Federal AS (FBI) pada 2017.

Amerika Serikat menuntut dua operator situs web ilegal yang mengantar ratusan ribu pengguna ke pasar-pasar daring gelap untuk membeli obat, senjata dan produk ilegal lainnya, pejabat penegak hukum AS mengumumkan Rabu (8/5). Keduanya adalah warga Israel.

Tal Prihar, usia 37 tahun, warga Israel yang bermukim di Brasil, dan Michael Phan, usia 34 tahun, yang tinggal di Israel, dikenakan penuntutan oleh sebuah federal grand jury dengan tuduhan melakukan pencucian uang terkait pengoperasikan DeepDotWeb, sebuah situs yang berperan sebagai gerbang ke Darkweb.

Prihar ditangkap oleh penguasa Perancis di Paris pada Senin (6/5) dan menghadapi kemungkinan ekstradisi ke Amerika. Phan ditangkap pada Senin di Israel dan menghadapi penuntutan disana.

Kedua warga Israel ini mengoperasikan DeepDotWeb sejak 2013 sampai bulan lalu, ketika FBI menutupnya. Mereka berhasil meraup komisi lebih dari $15 juta untuk mengarahkan pengguna ke berbagai pasar internet seperti AlphaBay yang kini sudah dilumpuhkan.

Pengguna kemudian membeli produk-produk ilegal bernilai ratusan juga dolar, demikian kata penuntut. Produk itu berupa obat, senjata, perangkat lunak, alat peretas, informasi finansial hasil curian, kartu kredit, yang semuanya ilegal. [jm]



XS
SM
MD
LG