Tautan-tautan Akses

AS Tetapkan 4 Media China sebagai Misi Asing


Orang-orang mengenakan masker di dekat kantor pusat China Central Television (CCTV) di Beijing, China, 4 Mei 2017. (Foto: Reuters)
Orang-orang mengenakan masker di dekat kantor pusat China Central Television (CCTV) di Beijing, China, 4 Mei 2017. (Foto: Reuters)

Amerika Serikat menunjuk empat lagi media yang dikelola China sebagai "misi asing." Menurut para pejabat AS, langkah tersebut "tidak akan mencegah mereka melaporkan berita-berita yang sah", tetapi untuk "meningkatkan transparansi" terkait Partai Komunis China (PKT) dan kegiatan media pemerintah China di AS.

Itu terjadi ketika PKT dilaporkan akan menegaskan "kontrol langsung yang lebih besar" terhadap media pemerintah China.

Departemen Luar Negeri AS, Senin (22/6), mengumumkan bahwa Central China Television (CCTV), China News Service, the People’s Daily dan the Global Times ditetapkan sebagai misi asing.

Penetapan terbaru oleh pemerintah AS itu menyusul penetapan sebelumnya pada 18 Februari lalu yang meliputi Kantor Berita Xinhua, China Global Televisi Network, China Radio International, China Daily Distribution Corporation dan Hai Tian Development USA.

Entitas-entitas itu diharuskan melaporkan daftar tugas dan kepemilikan real estat di tanah AS, serupa dengan persyaratan administrasi tertentu yang diterapkan pada semua kedutaan dan konsulat asing di AS.

China belum menanggapi segera penetapan tambahan terhadap empat media itu. [ps/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG