Tautan-tautan Akses

AS Tawarkan Dukungan kepada Ukraina pasca Serangan Siber


Presiden AS Joe Biden (kanan) ketika menerima Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Gedung Putih, 1 September 2021 (foto: dok).
Presiden AS Joe Biden (kanan) ketika menerima Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Gedung Putih, 1 September 2021 (foto: dok).

Hari Jumat (14/1) Gedung Putih menawarkan dukungan kepada Ukraina setelah beberapa badan pemerintah negara itu didera oleh serangan siber tadi malam.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional atau NSC di Gedung Putih mengatakan kepada VOA, Presiden Biden telah diberi pengarahan tentang serangan itu, yang menyebabkan lumpuhnya 15 situs web pemerintah Ukraina.

Juru bicara itu mengatakan, NSC menawarkan dukungan apa saja yang bisa diberikannya sementara terus mengkaji dampak dari serangan itu.

Kementerian Luar Negeri Ukraina Jumat melaporkan, kementerian yang terkena termasuk keuangan, layanan darurat nasional, serta layanan negara, dimana paspor elektronik dan sertifikat vaksinasi disimpan.

Situs-situs itu dimuati sebuah pesan dari peretas dalam bahasa Ukraina, Rusia, dan Polandia, dan katanya data pribadi warga Ukraina sudah dibocorkan ke publik, meskipun Kantor Layanan Negara untuk Perlindungan Komunikasi dan Informasi mengatakan kepada Associated Press, tidak ada bukti bahwa data pribadi telah dibocorkan. [jm/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG