Tautan-tautan Akses

AS

AS Tarik Hampir 12.000 Pasukan dari Jerman


Tentara AS di Grafenwoehr, Jerman (foto: dok). Amerika Serikat menarik hampir 12.000 tentara dari Jerman.

Amerika Serikat menarik hampir 12.000 tentara dari Jerman, menindaklanjuti seruan Presiden Donald Trump untuk mengurangi militer A.S. di negara yang digambarkannya "lalai membayar" biaya pengeluaran pertahanan.

Berdasarkan rencana itu, 5.600 tentara AS akan dipindahtugaskan dari Jerman ke sekutu NATO lainnya, termasuk Belgia dan Italia. Di samping itu 6.400 lainnya akan kembali ke Amerika Serikat, meskipun sebagian besar pasukan tersebut akan mulai “dirotasi secara berkala” oleh Pentagon ke wilayah Laut Hitam.

"Perubahan-perubahan ini akan memenuhi prinsip-prinsip utama bagi peningkatan kekuatan AS dan NATO terhadap Rusia, memperkuat NATO, meyakinkan sekutu dan meningkatkan fleksibilitas strategis AS," Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengatakan kepada wartawan Rabu.

Esper dan sejumlah pejabat Pentagon lainnya menyatakan pemindahan akan dimulai dalam "hitungan minggu," meskipun mereka mengakui banyak detail yang belum diselesaikan.

Namun, di bawah rencana baru itu, AS akan merelokasi markas Komando AS di Eropa [EUCOM], bersama dengan Komando Operasi Khusus A.S untuk Eropa, dari Stuttgart ke Belgia, bersama dengan sekitar 2.000 tentara. [mg/jm]

Lihat komentar (3)

XS
SM
MD
LG