Tautan-tautan Akses

AS: Tank Abrams dan Pesawat F-16, Bantuan Jangka Panjang untuk Ukraina


Dua tentara AS di atas tank M1 Abrams melakukan pergerakan kendaraan sebagai bagian dari pelatihan bagi pasukan Ukraina di Area Pelatihan Hohenfels, Jerman, 2 Juni 2022.
Dua tentara AS di atas tank M1 Abrams melakukan pergerakan kendaraan sebagai bagian dari pelatihan bagi pasukan Ukraina di Area Pelatihan Hohenfels, Jerman, 2 Juni 2022.

Seorang perwira tinggi militer Amerika Serikat (AS) mengatakan pelatihan bagi pasukan Ukraina untuk pengoperasian tank canggih Abrams telah dimulai. Namun, bantuan senjata-senjata penting dalam jangka panjang, dalam upaya Ukraina untuk mengusir pasukan Rusia dari wilayah pendudukan tidak akan siap pada waktunya untuk serangan balasan Kyiv yang akan segera terjadi.

Pelatihan tank sedang berlangsung ketika AS dan sekutunya mulai menyusun kesepakatan untuk melatih Ukraina dengan jet tempur F-16, sistem canggih lain yang telah lama dicari. Pesawat-pesawat jet tempur itu akan menjadi bagian dari rencana keamanan untuk mencegah serangan di masa depan, kata Jenderal Angkatan Darat AS Mark Milley Kamis (1/6) malam ketika tiba di Prancis.

“Semua orang mengakui bahwa Ukraina membutuhkan angkatan udara modern,” kata Milley, ketua Kepala Staf Gabungan A.S. "Ini akan memakan waktu lama."

Tujuannya adalah untuk memberikan kemampuan bagi Ukraina dalam jangka menengah hingga panjang, kata Nicolas Vaujour, wakil laksamana yang merupakan kepala operasi Staf Gabungan Prancis dan berbicara kepada wartawan yang bepergian dengan Milley.

Milley mengatakan perencanaan rinci tentang ukuran kelas pelatihan F-16, jenis taktik terbang dan lokasi pelatihan sedang dikerjakan di antara AS dan sekutu seperti Belanda dan Inggris yang telah berjanji untuk menyediakan F-16 buatan Amerika. AS belum mengatakan apakah akan langsung menyediakan jet tempur itu, tetapi Presiden Joe Biden mengatakan AS akan mendukung pelatihan F-16 sebagai bagian dari koalisi.

Sementara pengiriman logistik (F-16) tersebut masih dipertimbangkan, pelatihan tank Abrams terus berlanjut.

Pesawat F-16 berpartisipasi dalam latihan militer bersama NATO di Malbork, Polandia 21 Maret 2023 lalu.
Pesawat F-16 berpartisipasi dalam latihan militer bersama NATO di Malbork, Polandia 21 Maret 2023 lalu.

Sekitar 200 tentara Ukraina memulai kursus yang berlangsung sekitar 12 minggu di Jerman selama akhir pekan lalu. Mereka belajar cara bermanuver, menembak, dan melakukan operasi senjata gabungan dengan sistem lapis baja canggih. Tambahan 200 tentara menerima pelatihan tentang pengisian bahan bakar tangki dan pemeliharaan truk bahan bakar.

Jadwal pelatihan AS diatur waktunya untuk mempercepat pasukan pada sistem sebelum 31 dari tank Abrams seberat 70 ton yang dijanjikan administrasi Biden ke Ukraina dijadwalkan tiba musim gugur ini. Tank-tank itu akan menjadi bagian dari kekuatan total sekitar 300 tank yang dijanjikan oleh sekutu Barat, termasuk tank Challenger dari Inggris, tank Leopard 2 dari Spanyol dan Jerman, dan tank ringan dari Prancis.

AS dan sekutunya menolak keras selama berbulan-bulan untuk menyediakan tank semacam itu, mengutip tantangan perawatan dan pengisian bahan bakar yang signifikan yang dibutuhkan sistem. Tangki Abrams dapat membakar bahan bakar dengan kecepatan minimal 2 galon per mil (4,7 liter per kilometer), baik tangki sedang bergerak atau diam. Itu berarti konvoi pasokan truk bahan bakar yang konstan harus tetap dalam jangkauan sehingga tangki dapat terus bergerak maju.

Sebagaimana halnya dengan keputusan terbaru tentang pelatihan F-16, persetujuan AS untuk mengirim tank Abramsnya sendiri adalah bagian penting dari negosiasi sekutu tentang pengiriman tank Abram untuk Ukraina sehingga tidak ada negara Barat yang menyediakan sistem tank tersebut sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan pembalasan langsung dari Rusia. Pada Januari, pemerintahan Biden berbalik arah dan setuju bahwa Ukraina akan mendapatkan tank tersebut.

Milley berada di Prancis untuk memperingati 79 tahun D-Day, yang meluncurkan serangan balasan besar-besaran sekutu Perang Dunia II untuk memukul mundur pasukan Nazi di Eropa. Perang tersebut melibatkan beberapa pertempuran lapis baja terbesar dalam sejarah modern, termasuk serangan balasan besar-besaran Soviet terhadap Nazi pada tahun 1943 di sepanjang Sungai Dnieper, tepian yang sama di mana puluhan ribu pasukan Ukraina dan Rusia kini bercokol.

"Anda dapat melihat kembali ke Perang Dunia II dan beberapa pertempuran lapis baja terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah terjadi, pada dasarnya, di beberapa bagian Ukraina," kata Milley kepada wartawan yang bepergian bersamanya.

“Jadi, tank sangat penting, baik untuk pertahanan maupun penyerangan, dan peningkatan tank modern, pelatihan yang menyertainya, kemampuan untuk menggunakannya, akan menjadi dasar kesuksesan (pasukan) Ukraina,” tandasnya. [pp/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG