Tautan-tautan Akses

AS: Tak Ada Pembatasan Perjalanan Bagi Diplomat Pakistan


Kantor Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di Washington, D.C., 26 Januari 2017. (Foto: dok).
Kantor Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di Washington, D.C., 26 Januari 2017. (Foto: dok).

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan, tidak ada pembatasan perjalanan bagi para diplomat Pakistan di Amerika Serikat, setelah muncul laporan-laporan bahwa pergerakan mereka akan dibatasi.

Media-media di Pakistan dan India sebelumnya melaporkan bahwa pemerintahan Trump telah memberitahu para diplomat di Kedubes dan konsulat-konsulat Pakistan di Amerika Serikat bahwa mereka tidak diperbolehkan melakukan perjalanan lebih dari 40 kilometer dari pos mereka tanpa izin. Laporan-laporan itu mengindikasikan, peraturan itu akan mulai berlaku Mei mendatang.

Ketika ditanya wartawan, seorang pejabat Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan kepada VOA melalui sebuah pernyataan, “tidak ada pembatasan perjalanan bagi para diplomat Pakistan di Amerika Serikat.”

Namun pejabat itu tidak mengatakan apakah akan ada pemberlakuan pembatasan seperti itu pada bulan Mei.

Kedubes Pakistan di Washington mengatakan kepada VOA tidak menerima informasi mengenai pembatasan tersebut. Gedung Putih belum menanggapi permohonan wartawan untuk mengetahui kemungkinan adanya perubahan kebijakan yang dilaporkan itu.

Berita ini muncul di tengah ketegangan yang meningkat antara Islamabad dan Washington mengenai perang di Afghanistan dan keprihatinan lama Amerika Serikat mengenai kemungkinan adanya hubungan militer Pakistan dengan Taliban dan kelompok-kelompok militan lain. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG