Tautan-tautan Akses

AS Setujui Paket Stimulus Ekonomi, Bursa Saham Global Girang


Seorang pria mengenakan masker berjalan di Wall Street di tengah wabah virus corona di Kota New York, 13 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Kesepakatan stimulus ekonomi $2 triliun di Kongres untuk membantu menanggulangi dampak wabah virus corona mendorong pasar global naik pada Rabu (25/3).

Pada penutupan pasar, indesk Dow Jones Industrial Average naik 496 poin atau 2 persen. Mengikuti lonjakan rekor 2.100 poin pada Selasa (24/3), maka itu merupakan kenaikan Dow Jones pertama berturut-turut dalam satu bulan.

Indeks S&P 500 naik 1 persen, tetapi NASDAQ yang didominasi saham teknologi turun sedikit.

Berita tentang kesepakatan stimulus itu juga berdampak positif di Eropa. Indeks utama di London dan Paris naik 4 persen dan di Frankfurt ditutup 2 persen lebih tinggi. Indeks Nikkei Jepang melonjak 8 persen.

Ketidakpastian dan ketakutan akan virus corona dan akibat ekonominya telah mengguncang pasar selama berminggu-minggu, terutama dalam sebulan terakhir. Harga-harga saham telah menukik. Pada saat yang sama, negara-negara dan bank sentral masing-masing bergegas untuk memangkas suku bunga acuan dan menyuntikkan dana ke perekonomian nasional guna mendukung bisnis dan membantu konsumen mendapatkan kembali pijakan ekonomi mereka.

Paket bantuan $2 triliun dari Kongres untuk bisnis dan sebagian besar warga Amerika ini merupakan investasi tunggal terbesar yang pernah dilakukan oleh pemerintah dalam ekonomi Amerika. [lt/pp/ft]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG