Tautan-tautan Akses

AS

AS Segera Vaksinasi Warga Lansia dan Pekerja Esensial 


Mitchell Thomas (67 tahun) sedang divaksin Covid-19 di Martin Luther King Jr. Community Hospital, di Los Angeles Selatan, 17 Desember 2020. (Foto: Reuters)

Sebuah komite pakar menganjurkan agar warga berusia 75 tahun ke atas dan para pekerja esensial, seperti pemadam kebakaran, guru dan karyawan supermarket untuk menjadi kelompok berikut yang diberi vaksin Covid-19.

Kantor berita Associated Press melaporkan perkembangan itu disampaikan sementara vaksin kedua yang diizinkan di AS, mulai didistribusikan ke berbagai rumah sakit.

AS berusaha meningkatkan program vaksinasi yang baru dimulai pekan lalu. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) mengatakan vaksin gelombang pertama baru diberikan kepada sekitar 556 ribu warga Amerika.

Pasokan awal vaksin Covid-19 kedua telah mulai disalurkan dari sebuah pusat distribusi AS pada Minggu (20/12).

Truk-truk meninggalkan pabrik di Mississippi itu, mengangkut vaksin yang dikembangkan oleh Moderna Inc. dan Institut Kesehatan Nasional (National Health Institute/NIH). Suntikan yang sangat diperlukan itu diperkirakan akan mulai diberikan mulai Senin (21/12), hanya tiga hari setelah Badan Pangan dan Obat-obatan (Food and Drugs Administration/FDA) mengeluarkan otorisasi penggunaan darurat

Dr. Moncef Slaoui, kepala penasihat pengembangan vaksin pemerintah, mengatakan di stasiun CNN bahwa hampir 8 juta dosis akan didistribusikan pada Senin (21/12). Dari jumlah itu, sekitar 5,9 juta merupakan vaksin Moderna, dan 2 juta adalah vaksin Pfizer. Dia mengatakan suntikan Moderna yang pertama dapat diberikan mulai Senin (21/12) pagi. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG