Tautan-tautan Akses

AS Sediakan $50 Juta untuk Bantuan Kemanusiaan di Myanmar


Para bhiksu Budha menerima vaksinasi massal COVID-19 di Bangkok, Thailand (foto: dok). Pemerintah AS memberikan $5 juta dolar untuk membantu Thailand mengatasi perebakan COVID-19.

Departemen Luar Negeri Amerika hari Selasa (10/8) mengatakan siap menyediakan lebih dari 50 juta dolar dalam bentuk bantuan kemanusiaan untuk warga Myanmar yang sedang berjuang mengatasi krisis kemanusiaan akibat kudeta militer 1 Februari lalu.

Kudeta di negara yang dulunya dikenal sebagai Birma itu memicu demonstrasi anti-junta yang menelan korban jiwa, dan bentrokan diantara beberapa kelompok etnis bersenjata dan junta militer yang berkuasa. Hal ini memicu kelangkaan pangan dan layanan utama, dan memicu ribuan orang meninggalkan rumah mereka.

“Bantuan ini akan memungkinkan organisasi-organisasi internasional dan LSM yang menjadi mitra kami untuk memberikan bantuan pangan darurat, perlindungan untuk menyelamatkan jiwa, tempat penampungan, layanan kesehatan penting, fasilitas air, sanitasi dan layanan higenis lain pada rakyat Birma, termasuk mereka yang terpaksa melarikan diri dari aksi kekerasan dan persekusi,” ujar juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Ned Price dalam sebuah pernyataan.

AS Juga Kirim $5 Juta untuk Thailand Atasi COVID-19

Dalam pernyataan lain Duta Besar Amerika untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan Amerika juga akan memberikan lima juta dolar untuk membantu Thailand mengatasi perebakan COVID-19. 'Pengumuman hari ini tentang tambahan bantuan COVID-19 bagi Thailand akan mendukung para petugas layanan kesehatan yang memberikan vaksin dan akan memperkuat rantai pasokan vaksin guna membantu memastikan bahwa mereka telah menjangkau penduduk yang paling rentan,” tegasnya.

Sejumlah demonstran kembali turun ke jalan-jalan di Bangkok hari Selasa ini untuk mengecam cara pemerintah menangani pandemi virus corona. Polisi menyemprotkan meriam air ke arah demonstran yang marah dengan cara Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha menangani perebakan wabah paling serius ini dan dampaknya pada perekonomian. [em/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG