Tautan-tautan Akses

AS Sampaikan Protes kepada Suriah atas Pengiriman Misil


AS menetapkan Suriah sebagai negara sponsor terorisme karena dukungan Suriah bagi kelompok seperti Hizbullah.

Departemen Luar Negeri Amerika memanggil diplomat tertinggi Suriah hari Senin untuk menyampaikan protes atas kemungkinan pengalihan misil kepada militan Hizbullah yang berbasis di Lebanon.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Gordon Duguid mengatakan diplomat tertinggi Suriah di Washington Wakil Dutabesar Zouheir Jabbour, kini dimintai keterangannya.

Duguid mengatakan Amerika Serikat mengutuk sekeras-kerasnya pengalihan senjata apapun, apalagi misil balistik Scud, dari Siria kepada Hizbullah. Ia mengatakan pengalihan senjata demikian hanya dapat menimbulkan kegoyahan di Timur Tengah dan menimbulkan ancaman segera terhadap Israel dan kedaulatan Lebanon.

Ia juga mengemukakan bahwa Amerika menetapkan Suriah sebagai negara sponsor terorisme karena dukungan Siria bagi kelompok-kelompok seperti Hizbullah.

Israel menuduh Suriah mengirim misil kepada Hizbullah untuk mengancam Israel. Kementerian Luar Negeri Suriah telah membantah tuduhan itu, dengan mengatakan Israel sedang mencari kedok untuk menyerang.

XS
SM
MD
LG