Tautan-tautan Akses

AS: Rusia Dapat Hadiri Pertemuan APEC


FILE - Matt Murray, pejabat senior AS untuk APEC.
FILE - Matt Murray, pejabat senior AS untuk APEC.

Rusia akan diundang untuk menghadiri pertemuan blok Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) yang diselenggarakan oleh Amerika Serikat tahun depan, kata seorang pejabat AS, Senin (12/12).

Sebagai "anggota APEC yang baik," Amerika Serikat akan mengundang Rusia, yang merupakan anggota dari blok 21 negara itu, kata Matt Murray, pejabat senior AS untuk APEC, dalam jumpa pers di Singapura.

Hubungan antara Washington dan Moskow telah memburuk ke tingkat terparah dalam 60 tahun sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari, tindakan yang dibenarkannya sebagai "operasi militer khusus," tetapi telah memicu sanksi dan kecaman dari negara-negara Barat dan negara-negara seperti Singapura.

Pada pertemuan APEC yang diselenggarakan oleh Thailand Mei lalu, perwakilan-perwakilan dari Amerika Serikat dan beberapa negara lain melakukan aksi walk out dari pertemuan untuk memprotes tindakan Rusia di Ukraina ketika Menteri Ekonomi Rusia Maxim Reshetnikov menyampaikan pidatonya.

Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menghadiri KTT Kelompok 20 ekonomi utama di Bali bulan lalu meskipun ada undangan dari tuan rumah Indonesia, yang telah menolak tekanan dari negara-negara Barat untuk tidak mengundang pemimpin itu dan bahkan mengusir Rusia dari blok tersebut.

Murray tidak mengatakan apakah Putin akan menghadiri pertemuan para pemimpin APEC tahun depan di San Francisco. Pemimpin Rusia itu diwakili oleh Deputi Pertama Perdana Menteri Andrei Belousov pada pertemuan para pemimpin yang diselenggarakan oleh Thailand bulan lalu. [ab/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG