Tautan-tautan Akses

AS

AS Perluas Pengawasan Teknologi China


Stand Huawei dalam pameran di Hannover, Jerman (foto: ilustrasi). AS berusaha melobi Uni Eropa agar menolak Huawei terlibat dalam pengembangan jaringan telekomunikasi di Eropa, tetapi tampaknya gagal.

Tampaknya pemerintah AS kebingungan untuk mengekang keterlibatan perusahaan teknologi China dalam ekonomi AS selama setahun terakhir, mencerminkan keprihatinan pemerintah Trump bahwa perusahaan-perusahaan itu sekarang atau pada masa depan - dapat bersekongkol melakukan spionase dengan badan-badan intelijen Beijing.

Tindakan tersebut termasuk memperketat pengawasan terhadap investor asing di berbagai industri, memperingatkan sekutunya secara terbuka tentang kerawanan itu, dan memblok perusahaan-perusahaan yang terkait dengan China untuk membeli perusahaan-perusahaan Amerika yang terlibat dalam industri-industri utama, seperti desain semikonduktor.

Untuk sekarang ini para ahli mengatakan, tindakan itu sebagian besar merupakan pendekatan tambal-sulam untuk melindungi industri yang dipandang penting bagi keamanan nasional AS.

Namun, ada juga bukti bahwa di belakang layar, pembuat kebijakan berlomba untuk mengembangkan pendekatan yang lebih masuk akal untuk menyeimbangkan perdagangan dengan China dan kepentingan keamanan nasional. (ps)

XS
SM
MD
LG