Tautan-tautan Akses

AS Peringatkan Risiko Sanksi Investasi di Pipa Gas Alam Rusia


Pipa-pipa baja untuk proyek pipa gas North Stream 2 dimuat di pelabuhan Mukran, di Sassnitz, Jerman, 8 Mei 2017.

Amerika Serikat, Rabu (11/7), kembali memperingatkan perusahaan-perusahaan Barat yang menanam modal dalam proyek pipa gas alam Nord Stream 2 dari Rusia ke Jerman, bahwa mereka terancam kena sanksi. Menurut Washington, Moskow menggunakan proyek itu untuk memecah belah Eropa.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan kepada kantor berita Reuters, “kami sudah bahwa perusahaan yang terlibat dalam proyek pipa energi Russia itu melakukan bisnis yang memikul akibat terkena sanksi.”

“Kami berpendapat proyek itu merongrong keseluruhan keamanan dan stabilitas energi Eropa sebab memberi Rusia satu alat lagi untuk melakukan pemaksaan politis terhadap negara-negara Eropa terutama Ukraina. Rusia memahami proyek itu memecah belah Eropa dan menggunakannya bagi keuntungannya sendiri,” kata juru bicara tersebut.

Pipa Nord Stream 2 nantinya akan mengalirkan gas alam dari Vybord di Rusia ke Greifswald di Jerman.

Presiden AS Donald Trump pada Rabu juga menuduh Jerman ‘disandera’ oleh Rusia karena ketergantungan pada energi dan dukungannya pada rencana untuk menggandakan kapasitas pipa Nord Stream itu di bawah Laut Baltik ke Jerman memintas rute biasa melewati Ukraina. [al]

XS
SM
MD
LG