Tautan-tautan Akses

AS Jelang Peringatan 50 Tahun Pawai Hak Sipil di Washington


Monumen Martin Luther King Jr. di Washington, 20 Agustus 2013 (Foto: dok).
Monumen Martin Luther King Jr. di Washington, 20 Agustus 2013 (Foto: dok).

Ribuan orang diperkirakan akan berkumpul di Washington hari Sabtu (24/8), menelusuri rute demonstrasi hak-hak sipil 1963 yang dikenal sebagai "Pawai Washington".

Dalam "Pawai Washington" yang bersejarah itu, Pendeta Martin Luther King Jr menyampaikan pidatonya yang terkenal "I Have a Dream" di hadapan lebih dari 250 ribu orang - demonstrasi terbesar menuntut persamaan hak dalam sejarah Amerika dan momen bagi Amerika.

Hampir 50 tahun kemudian, peringatan hari Sabtu akan menampilkan pembicara warga Amerika berkulit hitam, Pendeta Al Sharpton, serta putra King, Martin Luther King III.

Pawai kedua akan diadakan tepat pada hari ulang tahun pawai itu, Rabu 28 Agustus. Pembicara pada pawai itu termasuk Presiden Amerika Barack Obama, presiden Amerika berkulit hitam pertama, serta mantan presiden Jimmy Carter dan Bill Clinton.

Pawai Washington tahun 1963 dilakukan saat terjadi kerusuhan besar terkait ras, ketika Amerika berusaha mengakhiri undang-undang yang mendiskriminasi warga kulit hitam, yang telah lama mengakar.
XS
SM
MD
LG