Tautan-tautan Akses

AS Mulai Bangun Dermaga Bantuan Gaza


Juru bicara Pentagon, Mayor Jenderal Pat Ryder, menggelar konferensi pers di Pentagon, Washington, pada 15 April 2024. (Foto: AP/Kevin Wolf)
Juru bicara Pentagon, Mayor Jenderal Pat Ryder, menggelar konferensi pers di Pentagon, Washington, pada 15 April 2024. (Foto: AP/Kevin Wolf)

Militer AS telah memulai pembangunan dermaga untuk meningkatkan pengiriman bantuan yang sangat dibutuhkan ke Gaza, kata Pentagon, pada Kamis (25/4).

Wilayah pesisir kecil itu hancur akibat pemboman dan gempuran darat Israel selama lebih dari enam bulan terhadap militan Hamas. Akibatnya, penduduk sipil membutuhkan bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup.

“Saya dapat memastikan bahwa kapal-kapal militer AS telah mulai membangun tahap awal dermaga sementara ini dan jalan lintas di laut,” kata juru bicara Pentagon, Mayor Jenderal Pat Ryder, kepada wartawan.

Indikasinya adalah dermaga tersebut akan beroperasi pada awal Mei, dan “sekarang ini semuanya berjalan sesuai rencana,” katanya.

Menyoroti bahaya di Gaza, Ryder mengatakan bahwa “sejenis serangan mortir” hanya menyebabkan kerusakan minimal di dekat wilayah darat yang pada akhirnya akan menjadi lokasi pengiriman bantuan.

Badan Kementerian Pertahanan Israel yang bertanggung jawab atas urusan sipil Palestina mengatakan para militan, pada Rabu (24/4), menembakkan mortir di sebuah lokasi kerja untuk kemanusiaan di Gaza utara sewaktu personel PBB berkunjung. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Seorang pejabat senior militer AS mengatakan kepada wartawan bahwa “kami tidak menilai serangan itu ada hubungannya dengan misi (dermaga bantuan) atau pengiriman bantuan kemanusiaan dari laut.” [ka/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG