Tautan-tautan Akses

AS Minta Ijin Turki untuk Tarik Perlengkapan Non Tempur dari Irak


Laksamana Mike Mullen mengatakan di Ankara, Sabtu, tidak ada rencana AS untuk mengangkut senjata melalui Turki.

Pejabat tertinggi militer Amerika mengatakan, Amerika telah minta Turki agar mengizinkan Amerika menarik perlengkapan non tempur dari Irak melalui wilayah Turki.

Ketua Gabungan Kepala Staf Amerika Laksamana Mike Mullen, yang berbicara di Ankara, Sabtu, menekankan bahwa tidak ada rencana untuk mengangkut senjata melalui Turki.

Hurriyet Daily News Turki mengutip juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki yang mengatakan, Ankara agaknya akan menyetujui permintaan Amerika itu.

Turki, anggota NATO, tidak mengizinkan Amerika menggunakan wilayah Turki untuk menyerang negara tetangganya, Irak, dalam tahun 2003.

Mullen juga mendesak Turki agar membantu mendukung sanksi PBB terhadap Iran yang dimaksudkan untuk mencegah Teheran membuat senjata nuklir.

Turki menentang sanksi baru PBB itu Juni baru lalu. Mei lalu, Turki dan Brazil mengumumkan rencana yang menyerukan bagi kedua negara itu untuk mengirimkan sebagian uranium Iran yang berkadar rendah sebagai ganti atas bahan bakar nuklir berkadar lebih tingi.


XS
SM
MD
LG