Tautan-tautan Akses

AS, Korsel Tingkatkan Latihan Tanggapi Ancaman Korut


Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berjabat tangan dengan Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup setelah konferensi pers bersama di Kementerian Pertahanan di Seoul, Korea Selatan 31 Januari 2023. (Foto: via Reuters)
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berjabat tangan dengan Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup setelah konferensi pers bersama di Kementerian Pertahanan di Seoul, Korea Selatan 31 Januari 2023. (Foto: via Reuters)

AS dan Korea Selatan akan meningkatkan laju dan ruang lingkup latihan militer bersama, serta memperluas kebijakan berbagai informasi intelijen, untuk menanggapi uji coba rudal Korea Utara yang berulang dan semakin sering.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup menjanjikan tanggapan yang lebih tegas terhadap apa yang mereka gambarkan sebagai level provokasi Pyongyang yang belum pernah terjadi sebelumnya, selama setahun ini.

Dalam konferensi pers bersama setelah pertemuan satu jam di Kementerian Pertahanan Nasional di Seoul, Austin meyakinkan para pejabat Korea Selatan bahwa tekad Washington tetap kukuh, dan bahwa Pentagon akan menggunakan “kemampuan pertahanan penuh AS, termasuk kemampuan konvensional, nuklir dan pertahanan rudal kami” untuk membela sekutu lamanya itu.

Austin dan Lee juga mengatakan kedua negara akan melanjutkan latihan berbasis diskusi bulan depan, serta latihan-latihan tambahan lainnya.

Sebelum pertemuan itu, para pejabat AS telah menjanjikan dimulainya kembali latihan bersama dengan penembakan sungguhan akhir tahun ini.

Austin mengatakan Korea Selatan juga dapat mengharapkan dukungan lebih banyak sejalan dengan pengerahan yang dilakukan AS belakangan ini, antara lain pengerahan jet-jet tempur F-22 dan F-35, serta kunjungan armada Kapal Induk Penyerang Ronald Reagan.

AS sekarang ini memiliki sekitar 28.500 tentara yang ditempatkan di Korea Selatan. Namun, perilaku agresif Pyongyang telah memicu kekhawatiran di Korea Selatan, yang mendorong Presiden Yoon Suk Yeol pada awal bulan ini menyatakan bahwa Washington mungkin perlu mengerahkan kembali senjata nuklir ke Semenanjung Korea dengan alasan Seoul juga dapat mulai mengembangkan arsenal nuklirnya sendiri.

Austin bertemu dengan Yoon hari Selasa, setelah pertemuannya dengan Lee, meskipun tidak seorang pun dari mereka yang berbicara kepada media.

Namun demikian, Lee tampaknya puas dengan jaminan Austin. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG