Tautan-tautan Akses

AS Kemungkinan akan Kirim Kapal Induk Pertama Setelah Perang ke Vietnam


Menhan AS Jim Mattis (kiri) berjabat tangan dengan Menhan Vietnam Ngo Xuan Lich dalam uoacara penyambutan tamu negara di Hanoi, Vietnam, 25 Januari 2018.

Dalam langkah yang diperkirakan akan menjengkelkan China, kapal induk Angkatan Laut Amerika kemungkinan besar akan mengunjungi Vietnam pada Maret mendatang untuk pertama kalinya sejak perang di sana, kata para pejabat Amerika dan Vietnam, Kamis (25/1).

Menteri Pertahanan Amerika Jim Mattis dan sejawatnya Menteri Pertahanan Vietnam Ngo Xuan Lich membahas rencana kunjungan kapal induk ke Danang bulan Maret, kata juru bicara Angkatan Laut Jeff Davis.

Ia mengatakan Vietnam menunggu persetujuan akhir dari para pejabat pemerintah yang lebih senior, akan tetapi Amerika memperkirakan permohonan itu akan dikabulkan.

Kementerian Pertahanan Vietnam menyatakan secara terpisah bahwa kedua menteri pertahanan telah mengajukan usulan mereka mengenai kunjungan kapal induk itu kepada pemimpin masing-masing. Gagasan ini dikemukakan musim panas lalu sewaktu Menteri Pertahanan Vietnam bertemu Mattis di Pentagon.

Kedua pejabat tersebut bertemu lagi di Hanoi, Kamis (25/1) dalam lawatan pertama Mattis ke negara di Asia Tenggara itu. Dalam lawatan itu Mattis juga bertemu dengan Presiden Tran Dai Quang. [uh]

XS
SM
MD
LG