Tautan-tautan Akses

AS

AS Kembali Langsungkan Kunjungan Tingkat Tinggi ke Taiwan


Wakil Menteri Luar Negeri AS Keith Krach tiba di Taipei, tanggal 17 September dengan pesawat khusus. (Sumber foto: Kementerian Luar Negeri Taiwan)

Wakil Menteri Luar Negeri AS Keith Krach tiba di Taiwan, Kamis (17/9), untuk melangsungkan kunjungan resmi selama tiga hari. Kementerian Luar Negeri Taiwan, dalam pernyataan resminya, mengatakan, Krach dijadwalkan akan bertemu Presiden Tsai Ing-wen dan sejumlah pejabat tinggi Taiwan lainnya.

Krach, yang menangani urusan pertumbuhan ekonomi, energi dan lingkungan, merupakan pejabat tertinggi Departemen Luar Negeri AS yang berkunjung ke sana dalam beberapa puluh tahun terakhir. Lawatannya itu menyusul kunjungan Menteri Kesehatan AS Alex Azar bulan lalu. Azar sendiri merupakan pejabat tertinggi pertama kabinet AS yang berkunjung ke Taiwan sejak AS memutus hubungan resmi dengan pulau itu pada 1979.

Di Taiwan, Krach dijadwalkan menghadiri acara jamuan makan malam yang diadakan Tsai, Jumat, dan melangsungkan pembicaraan mengenai platform baru bagi dialog ekonomi dan perdagangan. Ia juga akan menghadiri upacara peringatan khusus bagi Lee Teng-hui, mantan presiden negara itu yang meninggal pada usia 97 tahun Juli lalu.

Kunjungan Krach mendapat kecaman China, yang menentang interaksi resmi apapun antara negara-negara lain dan Taiwan. Senin lalu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mendesak AS untuk menghentikan semua bentuk kontak resmi dengan Taiwan untuk menghindari kerusakan serius hubungan Beijing-Washington, serta perdamaian dan stabilitas di sepanjang Selat Taiwan.

Kunjungan Krach dipastikan akan meningkatkan ketegangan antara AS dan China yang berselisih dalam banyak hal, termasuk wabah COVID-19, perdagangan, teknologi, Hong Kong dan Laut China Selatan. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG