Tautan-tautan Akses

AS

AS Kecam WHO di Dewan Keamanan PBB 


Duta Besar Amerika untuk PBB, Kelly Craft, dalam pertemuan virtual DK PBB, 24 September 2020. (AP Photo/Mary Altaffer)

Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa mengecam Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Partai Komunis China dalam pidatonya di Dewan Keamanan PBB pada hari Kamis.

Kelly Craft, Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan "Organisasi Kesehatan Dunia selama bertahun-tahun dianggap sebagai pusat ilmu pengetahuan di atas politik, data melebihi bias. Itulah mengapa Amerika selalu menjadi pemberi dana tunggal terbesar. Reputasi itu sekarang hancur berantakan setelah WHO membantu kampanye China untuk tidak bekerja sama, dan berbohong kepada dunia."

Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa itu juga mengatakan pada masa mendatang, masyarakat internasional harus menempatkan akuntabilitas dan transparansi sebagai pusat dari upaya untuk mengatasi ancaman terhadap kesehatan global.

Ia juga menjelaskan kurangnya kemandirian, transparansi, dan akuntabilitas adalah alasan mengapa Presiden Trump membuat keputusan Amerika menarik diri dari WHO dan mengapa AS terus menyerukan reformasi organisasi itu sementara AS mengalihkan sumber daya kesehatan global untuk mendukung mitra-mitra dan negara-negara lainnya yang lebih kredibel.

Ia mengatakan hanya Partai Komunis China yang bisa menjelaskan asal dan penyebaran virus itu.

Pidato Kraft itu disampaikan beberapa hari setelah Presiden AS Donald Trump menyerang China terkait virus corona dalam pidatonya di Sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. [my/lt]

Lihat komentar (3)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG