Tautan-tautan Akses

AS-Jerman Tuan Rumah Pembicaraan tentang Afghanistan


Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken turun dari pesawat setibanya di Pangkalan Udara AS di Ramstein, di mana ia akan mengadakan pertemuan virtual 20-negara tentang krisis bersama rekannya dari Jerman, di Jerman, 8 September 2021. (Foto: Olivier Douliery

Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas, Rabu (8/9), mengadakan pembicaraan dengan sekelompok mitra dan sekutu untuk membahas situasi di Afghanistan, termasuk upaya untuk melanjutkan aliran bantuan kemanusiaan ke negara itu setelah Taliban kembali berkuasa.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan menjelang pertemuan tingkat menteri itu bahwa salah satu tema diskusi adalah mencari tahu apakah Taliban memenuhi komitmennya dan harapan masyarakat internasional.

Sebelum melakukan perjalanan ke Jerman, Blinken berkunjung ke Qatar di mana ia menekankan bahwa Amerika dan lainnya menyerukan kepada Taliban agar menindaklanjuti janjinya untuk mengizinkan siapa pun yang ingin meninggalkan Afghanistan asalkan mengantongi dokumen perjalanan yang sah.

Masalah ini menjadi fokus sejak Amerika keluar dari Afghanistan pada akhir Agustus, mengakhiri kehadiran militer selama 20 tahun dan upaya terakhir untuk mengevakuasi ribuan orang dari negara itu. Banyak orang yang ingin meninggalkan Afghanistan tidak bisa melakukannya sebelum Amerika sepenuhnya mundur.

Departemen Luar Negeri mengatakan pertemuan Rabu itu juga kemungkinan membahas kontraterorisme dan penegakan hak asasi manusia di Afghanistan.[ka/ab]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG