Tautan-tautan Akses

AS

AS Jauh Dari Target Vaksinasi 20 Juta Warga


Seorang pekerja dari Biro Layanan Darurat Medis, Departemen Pemadam Kebakaran Kota New York, menerima vaksinasi vaksin Covid-19 buatan Moderna, di Manhattan, Kota New York, New York, Rabu, 23 Desember 2020. (Foto: Carlo Allegri/Reuters)

Amerika sangat jauh dari pencapaian sasarannya untuk memvaksinasi 20 juta orang untuk melawan COVID-19 pada akhir Desember, tetapi laju vaksinasi mulai meningkat.

Lebih dari 350.000 orang di AS meninggal karena COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Angka tersebut sekitar seperempat dari kematian di seluruh dunia akibat virus itu. Presiden Donald Trump mengatakan di Twitter, jumlah kasus COVID-19 dan kematian di AS dibesar-besarkan karena cara negara itu menentukan penularan COVID 19.

Ahli penyakit menular terkemuka di AS, Dr. Anthony Fauci tidak setuju.

“Angka kematian itu nyata. Maksud saya, yang perlu kita lakukan adalah pergi ke lapangan, pergi ke rumah sakit, melihat apa yang dihadapi para petugas kesehatan. Mereka dalam keadaan yang sangat tertekan."

Dr. Anthony Fauci. (Foto: dok).
Dr. Anthony Fauci. (Foto: dok).

Upaya untuk memvaksinasi orang tersandung. Pada 31 Desember, sekitar 2,8 juta orang telah divaksinasi, hanya sebagian kecil dari target 20 juta yang ditetapkan pemerintah.

Hal itu disebabkan salah perhitungan tentang persediaan vaksin dan kurangnya kerjasama antara pemerintah federal, negara bagian, dan daerah.

Hingga kini tercatat lebih dari 4,2 juta orang Amerika telah menerima vaksin.

Dr. Fauci menambahkan, “Kita harus punya interaksi yang nyata, melakukan kemitraan nyata antara pemerintah federal dan negara bagian. Itulah yang kami coba lakukan. Semoga itu terwujud ketika kita memasuki awal tahun ini."

Presiden Trump mengatakan, pemerintah federal telah menbagikan vaksin, tetapi negara bagian harus mempercepat pemberian suntikan vaksin.

Baik pemberantasan virus maupun kampanye vaksinasi, ini adalah sebuah perjuangan yang diharapkan bisa dimenangkan Amerika dalam tahun yang baru ini. [ps/jm]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG