Tautan-tautan Akses

AS

AS Fokus “Keterlibatan Kompetitif” Sebagai Strategi Keamanan Nasional Baru


Penasihat Keamanan National Amerika, Jenderal H.R. McMaster (kiri) pada saat bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Pakistan Sartaj Aziz (kanan), 17 April 2017.

Amerika Serikat akan mengungkapkan strategi keamanan nasional baru pada 18 Desemberuntuk memelihara tatanan dunia yang ditempa setelah Perang Dunia II, meskipun ada usaha oleh Rusia dan China untuk meruntuhkannya.

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jenderal H.R. McMaster, mengatakan strategi baru itu akan bergantung pada rumus "perdamaian melalui kekuatan" untuk mendorong kepentingan Amerika di luar negeri. Dia menjanjikan aliansi dengan sekutu-sekutu tradisional Amerika akan memainkan peran penting dalam cara pendekatan Washington.

"Kita harus bekerja sama denganlebih keras dari sebelumnya untuk menjamin bahwa negara-negara menjunjung tinggi supremasi hukum, menghormati kedaulatannegara-negara tetangga mereka, dan mendukung keadaan damai, stabilitas pasca-Perang Dunia II, dan keamanan pasca-Perang Dingin," kata McMaster, Selasa (12/12). Dia berbicara didampingi rekannya dari Inggris dalam pidato di Washington.

Para pejabat Pemerintahan Presiden Trump telah menyusun strategi keamanan nasionalselama berbulan-bulan.McMaster mengatakan bahwa dokumen yang telah selesai dipusatkanpada empat prinsip utama, yaitu melindungi tanah air Amerika, memajukan kemakmurandan keamanan ekonomi Amerika, militer yang lebih kuat dan lebih mampu, dan memperkuat pengaruh Amerika. [sp/ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG