Tautan-tautan Akses

AS, Filipina Serukan Penghentian Kegiatan Pembangunan di Laut China Selatan


Menteri Luar Negeri Filipina Albert del Rosario dalam sebuah konferensi pers di Manila. (Foto: Dok)
Menteri Luar Negeri Filipina Albert del Rosario dalam sebuah konferensi pers di Manila. (Foto: Dok)

Menteri Luar Negeri Filipina Albert del Rosario mengatakan Filipina akan menyerukan penghentian reklamasi, penghentian pembanguan dan tindakan agresif oleh China di Laut China Selatan.

Para pejabat Amerika Serikat dan Filipina mengatakan mereka akan menyerukan penghentian pekerjaan pembangunan pulau, penempatan militer dan tindak agresif lainnya yang meningkatkan ketegangan di Laut China Selatan yang disengketakan pada pertemuan diplomatik tahunan di Malaysia pekan ini.

China telah menentang setiap sebutan mengenai perselisihan wilayah dalam pertemuan menteri luar negeri ASEAN dan menteri luar negeri lainnya dari Asia dan Barat.

Tetapi, Washington telah mengatakan pihaknya akan menyerukan penghentian tindakan agresif oleh China dan negara-negara lain saingannya untuk memberi peluang bagi solusi diplomatik terhadap masalah yang mengancam kestabilan kawasan itu.

Menteri Luar Negeri Filipina Albert del Rosario mengatakan, Selasa (3/8), Filipina akan mempromosikan seruan Amerika dalam pertemuan ASEAN, yakni penghentian reklamasi, penghentian pembanguan dan tindakan agresif oleh China di laut China Selatan.

Recommended

XS
SM
MD
LG