Tautan-tautan Akses

AS Desak Pejuang Asing ISIS Diadili di Negara Asal


Tersangka anggota kelompok militan ISIS berdesakan di dalam ruang tahanan, di selatan Mosul, 18 Juli 2017.

Amerika mendesak para negara sekutunya untuk ikut menangani ratusan pejuang asing yang ditangkap oleh kelompok Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung Amerika.

Amerika menghendaki para militan itu dipulangkan ke negara asal masing-masing untuk diadili. Menteri Pertahanan Amerika Jim Mattis diperkirakan akan membahas isu ini dalam pertemuan di Roma, pekan ini dengan negara-negara anggota koalisi yang ikut berjuang melawan ISIS di Irak dan Suriah.

SDF telah menangkap ribuan pejuang ISIS, termasuk ratusan pejuang asing dari berbagai negara. Masalah ini menjadi lebih penting setelah SDF mengumumkan penangkapan dua orang anggota ISIS asal Inggris, yang dikenal sering memenggal kepala para sandera.

Para pejabat Amerika mengatakan tidak akan mengirim kedua orang itu ke kamp tahanan di Guantanamo, dan para pemimpin Inggris mengatakan tidak mau menerima orang-orang itu kembali.

Kathryn Wheelbarger, wakil asisten Menteri Pertahanan Mattis mengatakan pada wartawan, besarnya jumlah tahanan itu telah menimbulkan masalah. Kata Wheelbarger, SDF menangkap 40 orang militan setiap hari, dan tempat-tempat tahanan sudah penuh. [ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG