Tautan-tautan Akses

AS, China akan Lanjutkan Pembicaraan Bilateral untuk Perbaiki Hubungan


Menkeu AS Steve Mnuchin (kiri) bersama PM China Wang Yang usai perundingan perdagangan AS-China di Washington DC (foto: ilustrasi).
Menkeu AS Steve Mnuchin (kiri) bersama PM China Wang Yang usai perundingan perdagangan AS-China di Washington DC (foto: ilustrasi).

Amerika Serikat dan China merencanakan untuk melanjutkan kembali pembicaraan diplomatik tingkat tinggi pada Oktober, dan membahas isu-isu sementara kedua negara terlibat dalam pertikaian perdagangan.

Putaran kedua dari Dialog Diplomatik dan Keamanan Amerika – China atau DSD belum secara resmi diumumkan, tetapi diduga akan berlangsung di Beijing pada pertengahan Oktober sebelah ditunda selama berbulan-bulan, demikian kata sumber-sumber diplomatik. Menlu Mike Pompeo dan Menhan Jim Mattis merencanakan untuk memimpin delegasi Amerika dan bertemu dengan rekan setara mereka dari China.

Analis Amerika menilai, pertemuan ini merupakan cara untuk mengkaji apakah ada bidang-bidang dimana kedua pihak bisa bekerja sama.

“Saya berpendapat kita sudah melihat titik terendah dari hubungan Amerika China dalam bulan-bulan belakangan ini. Ini tampaknya merupakan upaya untuk memulihkan saluran dialog dan membahas serangkaian isu yang besar dan kompleks,” demikian kata Bob Manning, seorang pakar China di Atlantic Council.

Pembicaraan substantif antara Amerika dan China mengalami kebuntuan ditengah-tengah pertikaian perdagangan bilateral yang memanas. Sumber-sumber diplomatik mengatakan, selama berbulan-bulan Washington menanggapi ajakan China untuk memulihkan pembicaraan secara dingin.

Hal itu menyebabkan analis, seperti Bonnie Glaser, direktur China Power Project di CSIS, bersikap pesimis.

“Fokus utama dari Amerika dan China adalah pada konflik perdagangan dan dengan tarif tambahan yang akan diberlakukan dalam hari-hari atau minggu-minggu mendatang, saya kira atmosfirnya tidak akan sangat positif.”

“Trump juga terus mengkritik kebijakan China terhadap Korea Utara, jadi kerjasama atas itu isu itu juga berkurang,” katanya. [jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG