Tautan-tautan Akses

AS Bersihkan Lokasi Gudang “Agen Oranye” di Vietnam


Seorang tentara Vietnam berdiri di dekat lokasi pada Perang Vietnam yang digunakan untuk menyimpan bahan kimia yang sangat berbahaya, “agen oranye.” (foto: ilustrasi).
Seorang tentara Vietnam berdiri di dekat lokasi pada Perang Vietnam yang digunakan untuk menyimpan bahan kimia yang sangat berbahaya, “agen oranye.” (foto: ilustrasi).

Amerika telah memulai operasi pembersihan sebuah pangkalan udara di Vietnam yang pada Perang Vietnam digunakan untuk menyimpan bahan kimia yang sangat berbahaya, yang dikenal sebagai “agen oranye.”

Peluncuran proyek pembersihan bernilai 183 juta dolar di bandara Bien Hoa di luar kota Ho Chi Minh hari Sabtu (20/4) dilakukan lebih dari 40 tahun setelah berakhirnya Perang Vietnam. Bien Hoa adalah salah satu lokasi penyimpanan bahan kimia beracun itu.

Amerika menyemprotkan lebih dari 80 juta liter “agen oranye” di Vietnam Selatan antara tahun 1962 – 1971 untuk memaksa gerilyawan komunis keluar dari hutan.

Bahan kimia beracun “agen oranye” yang disimpan di Bien Hoa, diyakini telah meresap ke dalam tanah, sedimen dan sungai di sekitarnya.

“Agen oranye” ini mengandung dioxin dan dikaitkan dengan meningkatkan jumlah penderita kanker dan cacat lahir lintas generasi di Vietnam.

Amerika menyelesaikan operasi pembersihan serupa di bandara Danang yang menelan lebih dari 110 juta dolar.

Jumlah racun di Bien Hoa empat kali lebih tinggi dibanding yang dibersihkan di Danang.

Baik pemerintah Amerika maupun produsen “agen oranye” tidak pernah mengaku bertanggung jawab. Mereka juga tidak menawarkan kompensasi apapun kepada warga Vietnam yang terkena dampak bahan beracun ini. Sebaliknya, sejak tahun 1991 veteran militer Amerika yang terkena paparan “agen oranye’’ telah diberi kompensasi. (em)

Recommended

XS
SM
MD
LG