Tautan-tautan Akses

AS Berjanji Dukung Keluarga Warga Jepang yang Diculik Korut


Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield berbicara saat konferensi pers di American Diplomacy House di Seoul pada 17 April 2024. (Foto: via REUTERS)
Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield berbicara saat konferensi pers di American Diplomacy House di Seoul pada 17 April 2024. (Foto: via REUTERS)

Duta Besar AS untuk PBB pada Kamis (18/4) mengatakan Amerika akan mendukung Jepang sampai semua warga negaranya yang menurut Tokyo diculik oleh Korea Utara puluhan tahun silam dipulangkan.

Duta Besar Linda Thomas-Greenfield memulai lawatannya ke Jepang dengan pertemuan di Tokyo dengan keluarga-keluarga yang mengatakan orang-orang yang mereka cintai diculik.

Thomas-Greenfield mengatakan, “Amerika Serikat mendukung seluruh keluarga, dengan seluruh Jepang dan dengan masyarakat internasional dalam mendesak resolusi yang akan memungkinkan semua keluarga yang terpisah oleh kebijakan rezim untuk bersatu kembali.”

Sakie Yokota, yang mengatakan putrinya diculik oleh Korea Utara, mengatakan kepada Thomas-Greenfield dalam pertemuan tersebut bahwa ia hanya ingin melihat anak perempuannya itu sekali lagi saja.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshimasa Hayashi mengatakan tidak boleh ada waktu yang terbuang percuma dalam upaya memulangkan warganya.

Jepang mengatakan Korea Utara menculik sedikitnya 17 warga negara Jepang, kemungkinan lebih banyak lagi, pada tahun 1970-an dan 1980-an untuk melatih mereka sebagai agen-agen Pyongyang. Dua belas orang masih belum ditemukan. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG