Tautan-tautan Akses

AS akan Terus Upayakan Sanksi bagi Iran


Dubes AS untuk PBB Susan Rice mengatakan akan berusaha bagi tercapainya resolusi DK PBB yang kuat terhadap Iran.

Duta Besar Amerika untuk PBB Susan Rice mengatakan ia akan berusaha “selama diperlukan" bagi tercapainya resolusi Dewan Keamanan PBB yang kuat dan bermakna terhadap Iran.

Hari Jumat, Rice mengatakan pembicaraan tentang sanksi-sanksi baru terhadap Iran bagi program nuklirnya sudah memperoleh kemajuan yang signifikan. Ia juga menyarankan Iran bahwa langkah paling bijaksana baginya adalah mengakhiri upayanya membuat senjata nuklir. Iran sejak lama menyatakan kegiatan pengayaan uraniumnya untuk tujuan damai, seperti pengembangan energi.

Rice mengemukakan hal itu menjelang dimulainya konferensi pengkajian Kesepakatan Non-Proliferasi Nuklir PBB di New York minggu depan.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dijadwalkan hadir dan telah meminta bertemu sekretaris jenderal PBB. Para pejabat Amerika mengatakan mereka tidak berencana bertemu pejabat Iran.

Duta Besar Rice mengatakan Iran telah ditawari pilihan yang kredibel dan bahwa Teheran "tahu dimana kami bisa ditemui" jika ada sesuatu yang baru untuk dikemukakan oleh pimpinannya.

XS
SM
MD
LG