Tautan-tautan Akses

AS akan Tarik Pasukan Jika Taliban-AS Setuju Damai


Marinir AS bersiaga dalam upacara pergantian komando di pangkalan militer Gugus Tugas Barat di kamp militer Shorab, Provinsi Helmand, Afghanistan, 15 Januari 2018.

Semua tentara Amerika yang ada di Afghanistan akan ditarik pulang kalau dicapai perjanjian damai dengan Taliban, kata Presiden Donald Trump, Kamis (31/1).

Komentar Trump itu dikeluarkan beberapa hari setelah muncul laporan bahwa Amerika dan Taliban telah mencapai kerangka perjanjian untuk mengakhiri perang Afghanistan yang telah berlangsung 17 tahun lebih.

Utusan khusus Amerika Zalmay Khalilzad telah mengadakan pertemuan dengan wakil-wakil Taliban di Qatar dan mengatakan kedua pihak secara prinsip sepakat tentang kerangka perjanjian yang akan mencegah kelompok teroris seperti al-Qaida dan ISIS menggunakan Afghanistan untuk menyerang Amerika dan sekutu-sekutunya. Sebagai imbalannya, Amerika akan menarik semua pasukannya dengan syarat Taliban menyatakan gencatan senjata dan membuka dialog dengan pemerintah Afghanistan.

Taliban dan Amerika akan melanjutkan perundingan bulan depan, tapi sejauh ini Taliban tidak mau bertemu dengan wakil-wakil Afghanistan yang dianggapnya sebagai pemerintahan boneka. [ii]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG