Tautan-tautan Akses

AS akan Putuskan Habitat Perlindungan Anjing Laut Es Alaska


Foto anjing laut es di Kotzebue, Alaska, 5 September 2006. (Foto: AP)

Badan federal Amerika tahun depan akan menentukan luas kawasan laut dan pantai di Alaska Utara untuk menjadi habitat dua jenis anjing laut es yang terancam kepunahan.

Pusat Keanekaragaman Hayati, Senin (25/11), mencapai kesepakatan dengan Departemen Perdagangan untuk menentukan habitat penting bagi anjing laut es yang berjanggut, dan anjing laut kecil yang punya lubang untuk bernapas pada kuku-kukunya yang tebal. Kedua jenis anjing laut itu hidup di laut Bering, Chukchi dan Beaufort.

Penentuan habitat bagi hewan yang terancam itu harus diumumkan satu tahun setelah diambil keputusan. Badan-badan federal yang memberikan izin pengeboran minyak di kawasan yang dianggap kritis itu harus berkonsultasi dengan para pejabat satwa liar untuk menentukan apakah hewan yang hidup di sana akan terancam.

Pusat Keanekaragaman Hayati pada Juni menuntut pemerintah karena tidak ada habitat khusus yang ditentukan untuk melindungi kedua jenis anjing laut itu. Kawasan es yang dihuni anjing laut itu terus mencair, kata Emily Jeffers, pengacara pada Pusat Keanekaragaman. [ii/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG