Tautan-tautan Akses

AS

AS akan Pangkas Dana untuk WHO


Presiden Donald Trump memberi keterangan pers mengenai situasi penanganan wabah virus corona, Gedung Putih, Washington D.C. 14 April 2020. (Foto: AP/Alex Brandon)

Presiden Donald Trump mengatakan ia akan memangkas dana Amerika bagi Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), sementara pemerintahan AS sedang meninjau kembali tindakan organisasi itu dalam menghadapi pandemi virus corona.

Trump mengatakan, Selasa (14/4) malam, bahwa WHO “memainkan peran dalam salah urus dan menutup-nutupi perebakan virus corona itu.”

Kata Trump, badan PBB itu tidak menjalankan apa yang disebutnya “tugas pokok” untuk menyelidiki laporan-laporan awal tentang virus yang berasal dari China itu, sejak dimulainya perebakan pada Desember tahun lalu.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari WHO.

Presiden Trump belakangan ini tampak defensif karena adanya tuduhan-tuduhan dari media dan pihak lain yang mengatakan ia tidak menyadari seriusnya perebakan virus corona sejak awal, agar AS punya waktu untuk bersiap-siap menghadapinya.

Ketika mengadakan wawancara pers pada Senin (13/4) malam, Trump menayangkan rekaman video yang oleh pengecamnya disebut sebagai “propaganda video” untuk menolak tuduhan bahwa ia telah mengenyampingkan peringatan dini tentang virus itu. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG