Tautan-tautan Akses

AS Akan Kirim 1.000 Tentara Tambahan ke Polandia


Presiden AS Donald Trump dan Presiden Polandia Andrzej Duda bersalaman dalam konferensi pers di Gedung Putih, Washington, 12 Juni 2019.

Amerika dan Polandia menandatangani deklarasi bersama yang menegaskan kerja sama erat pertahanan.

Presiden AS Donald Trump mengatakan deklarasi itu tidak hanya memperjelas kemitraan strategis, "tetapi juga nilai-nilai dan tujuan bersama yang dalam, dan persahabatan yang sangat kuat dan menghargai."

Trump bersama Presiden Polandia Andrzej Duda, Rabu (12/6), mengumumkan akan mengirim tambahan 1.000 tentara Amerika ke Polandia.

Belum jelas apakah tetap pada rencana penempatan permanen personel militer AS hingga 2.000 orang di negara itu.

"Kami akan memindahkan mereka dari lokasi lain," ujar Trump di Gedung Putih, dan mengatakan pasukan itu akan dialihkan dari Jerman.

Trump membantah adanya peningkatan jumlah pasukan Amerika secara keseluruhan di Eropa.

Kemudian, dalam jumpa pers bersama di Gedung Putih, Presiden Duda mencatat terdapat 4.500 personel militer Amerika di negaranya dengan basis rotasi. Duda mengatakan dokumen yang ditandatangani pada Rabu akan membuka jalan bagi unit tambahan, termasuk pasukan khusu sebagai bagian "kehadiran yang berkesinambungan."

Kedua pemimpin tidak mengumumkan pengalihan "tetap" lebih banyak pasukan Amerika ke Polandia, langkah yang mungkin meningkatkan ketegangan secara signifikan dengan Rusia.[ka]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG