Tautan-tautan Akses

AS

AS akan Jual Senjata Mematikan ke Ukraina


Kantor Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di Washington, D.C., 26 Januari 2017. (Foto: dok).

Amerika Serikat akan menyediakan senjata mematikan untuk Ukraina sebagai usaha membantu negara itu menghadapi pemberontak separatis yang didukung Rusia di bagian timur negara itu.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan dalam sebuah pernyataan, Jumat (22/12), keputusan untuk memberi Ukraina kemampuan pertahanan yang lebih baik sejalan dengan usaha untuk membantu Ukraina membangun kemampuan pertahanan jangka panjangnya untuk membela kedaulatan dan integritas wilayahnya.

Pernyataan itu menambahkan, bantuan AS itu sepenuhnya bersifat pertahanan.

Sebuah laporan dari jaringan televisi ABC, yang disampaikan sebelum pengumuman itu, menyebutkan, paket pertahanan senilai 47 juta dolar itu mencakup penjualan 210 misil anti-tank, dan 35 peluncur misil. Departemen Luar Negeri Amerika tidak mengukuhkan laporan itu.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya menyerukan untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan Rusia, namun kesepakatan ini kemungkinan mengancam rencana tersebut.

Sebelumnya bulan ini, Menlu AS Rex Tillerson memperingatkan Rusia bahwa pertikaian menyangkut Ukraina merupakan satu-satunya rintangan paling sulit dalam usaha menghangatkan hubungan antara kedua negara. [ab]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG