Tautan-tautan Akses

AS akan Batasi Investasi Teknologi Tinggi di China


Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan
Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan

Presiden AS Joe Biden pada hari Rabu (9/8) berencana untuk memberlakukan pembatasan investasi AS dalam beberapa industri teknologi tinggi di China.

Perintah eksekutif Biden yang diperkirakan dapat kembali meningkatkan ketegangan antara AS dan China setelah periode di mana para pemimpin kedua negara telah mengadakan beberapa diskusi yang bertujuan untuk menyuarakan perbedaan mereka dan mencari titik temu. Amerika merupakan ekonomi terbesar di dunia dan China berada di nomor 2 di dunia,

Pembatasan baru itu akan membatasi investasi AS di sektor teknologi tinggi di China seperti komputasi kuantum, kecerdasan buatan, dan semikonduktor canggih, tetapi tampaknya tidak dalam ekonomi China yang lebih luas, yang baru-baru ini berjuang untuk maju.

Pergeseran Perdagangan AS: Divestasi dari Tiongkok dan "Friendshoring" ke India
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:37 0:00

Dalam perjalanan ke China pada bulan Juli, Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan kepada Perdana Menteri China Li Qiang, “Amerika Serikat, dalam keadaan tertentu, perlu melakukan tindakan untuk melindungi keamanan nasionalnya, dan kita mungkin tidak setuju dalam hal ini.”

Dalam upaya untuk melindungi kepentingan keamanan Amerika sendiri di kawasan Indo-Pasifik dan di seluruh dunia, Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan pada bulan April bahwa AS telah menerapkan “pembatasan yang dirancang dengan cermat pada ekspor teknologi semikonduktor paling canggih” ke China.

“Pembatasan itu didasarkan pada masalah keamanan nasional yang langsung,” katanya. “Sekutu dan mitra utama telah mengikuti, konsisten dengan masalah keamanan mereka sendiri,” tambahnya.

Sullivan mengatakan pembatasan itu bukan, seperti yang diklaim Beijing, sebuah ‘blokade teknologi.’” [lt/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG